Apa itu animasi? Animasi adalah gambar begerak
berbentuk dari sekumpulan objek (gambar) yang disusun secara beraturan
mengikuti alur pergerakan yang telah ditentukan pada setiap pertambahan
hitungan waktu yang terjadi. Gambar tersebut dapat berupa gambar makhluk hidup,
benda mati, ataupun tulisan.
Animasi berasal dari bahasa inggris yaitu animate
yang artinya menghidupkan, memberi jiwa dan mengerakan benda mati. Animasi
merupakan proses membuat objek yang asalnya objek mati, kemudian disusun dalam
posisi yang berbeda seolah menjadi hidup. Di dalam animasi ada dua objek
penting, yaitu objek atau gambar dan alur gerak.
Pembagian Animasi
Animasi bisa dibedakan
menjadi 2 kategori :
1. CAA (Computer Assisted Animation)
Animasi 2D yang digambar
oleh tangan entah itu manual (Menggambar dengan kertas lalu di foto atau Scan)
atau memakai pentablet. Tahap pewarnaan dilakukan pada komputer.
2. CGA (Computer Generated Animation)
Animasi 3D biasanya memakai
program Autocad, dll
Jenis Animasi
1. Cell Animation
Cell Animation adalah Animasi yang membutuhkan
beberapa layer agar menjadi sebuah animasi yang utuh.
2. Frame Animation
Animasi Frame by Frame adalah membuat sebuah ilusi pergerakan dari sebuah gambar/objek yang diam (still image) frame demi frame-nya. Pada materi ini kalian akan mempelajari bagaimana cara membuat objek bergerak melintas pada Stage, merubah ukuran , memutar, mengganti warna dan mengubah bentuk. Ada beberapa istilah dalam pembuatan animasi, diantaranya adalah :
A. Frame dapat diumpamakan seperti film, yaitu film merupakan kumpulan gambar yang dimainkan secara berurutan dengan kecepatan tertentu, sehingga gambar tersebut terlihat bergerak .
B. Keyframe adalah frame dimana kalian menentukan perubahan pada tombol atau animasi. Pada animasi tween, kalian membuat keyframe hanya pada titik yang penting di dalam Timeline. Keyframe ditandai oleh titik di dalam frame. Keyframe yang tidak berisi gambar di dalam layer ditandai oleh titik kosong.
C. Blank Key frame artinya kita mempersiapkan frame kosong untuk diisi objek baru, dan apabila kita menggambar objek, blank keyframe tersebut sudah berisi objek. Blank keyframe dilambangkan dengan titik bulat putih pada frame.
3. Sprite Animation
Sprite Animation adalah salah satu cara untuk membuat animasi ,serupa dengan teknik animasi
tradisional, yaitu obyek yang diletakkan dan dianimasikan pada bagian puncak
grafik dengan latar belakang diam. Sprite adalah setiap bagian dari animasi
Anda yang bergerak secara mandiri, misalnya burung terbang, planert berotasi,
bola memantul-mantul atau logo berputar. Sprite beranimasi dan bergerak sebagai
obyek yang mandiri.
Dalam animasi sprite, sebuah gambar tunggal atau berurutan dapat ditempelkan dalam sprite. Sprite dapat dianimasikan dalam satu tempat, seperti halnya planet berputar atau burung bergerak sepanjang garis lurus. Animasi sprite berbeda dengan animasi frame, dalam urutan masing-masing frame, Anda hanya dapat memperbaiki dari layar yang mengandung sprite. Anda tidak dapat memperbaiki bagian dalam yang ditampilkan layar untuk masing-masing frame, seperti yang dapat Anda kerjakan pada animasi frame.
4. Path Animation
Path Animation adalah animasi dengan menggerakkan obyek di sepanjang
garis yang ditentukan sebagai lintasan. Contohnya dalam pembuatan animasi
kereta api, pesawat terbang, lain-lain yang membutuhkan lintasan gerak
tertentu.
5. Spline Animation
Spline
Animation merupakan representasi
matematis dari kurva, sehingga gerakan objek mengikuti garis berbentuk lurus
dan berbentuk kurva.
6. Vector Animation
Vektor
Animation mirip seperti animasi
sprite, bedanya animasi sprite menggunakan bitmap sedangkan animasi vektor
menggunakan rumus matematika untuk menggambarkan sprite-nya.
7. Character Animation
Character Animation umumnya ada di film kartun dan juga pada film animasi
3D. Dalam animasi karakter, semua bagian dalam animasi bergerak bersamaan namun
karakter setiap objek punya ciri dan gerakan yang berbeda. contoh :
A. Cartoon Animation
B. 3D Animation
Visual Effect
Visual effect dapat dibuat
dengan cara :
1. Motion Dynamic : effect yang disebabkan berubahnya posisi terhadap waktu.
2. Update Dynamic :
Perubahan yang terjadi pada objek entah itu ukuran, bentuk, warna, dll.
3. Perubahan Posisi,
Cahaya, dll
Metode Mengontrol Animasi
1. Full Explicit Control
Animator : Animasi yang dapat dikontrol penuh oleh pengguna menggunakan input
seperti mouse, keyboard, joystick.
2. Procedural Control :
Animasi yang dikontrol oleh sebuah property atau setting yang telah animator
beri kepada objek animasinya.
3. Constraint-based System
Control : Objek yang keberadaan atau sifatnya ada karena disebabkan oleh objek
lain.
Artikel ini dibuat untuk memenuhi tugas yang diberikan
oleh Dosen Teknik Multimedia.
No comments:
Post a Comment