Pages

Pengertian ANIMASI dan Jenis-Jenisnya


Apa itu Animasi?



Apa itu animasi? Animasi adalah gambar begerak berbentuk dari sekumpulan objek (gambar) yang disusun secara beraturan mengikuti alur pergerakan yang telah ditentukan pada setiap pertambahan hitungan waktu yang terjadi. Gambar tersebut dapat berupa gambar makhluk hidup, benda mati, ataupun tulisan.
Animasi berasal dari bahasa inggris yaitu animate yang artinya menghidupkan, memberi jiwa dan mengerakan benda mati. Animasi merupakan proses membuat objek yang asalnya objek mati, kemudian disusun dalam posisi yang berbeda seolah menjadi hidup. Di dalam animasi ada dua objek penting, yaitu objek atau gambar dan alur gerak.

Pembagian Animasi

Animasi bisa dibedakan menjadi 2 kategori : 

1.  CAA (Computer Assisted Animation)
 
 Animasi 2D yang digambar oleh tangan entah itu manual (Menggambar dengan kertas lalu di foto atau Scan) atau memakai pentablet. Tahap pewarnaan dilakukan pada komputer.

2.    CGA (Computer Generated Animation)
 
Animasi 3D biasanya memakai program Autocad, dll


Jenis Animasi

1. Cell Animation

Cell Animation adalah Animasi yang membutuhkan beberapa layer agar menjadi sebuah animasi yang utuh.


2. Frame Animation



Animasi Frame by Frame adalah membuat sebuah ilusi pergerakan dari sebuah gambar/objek yang diam (still image) frame demi frame-nya. Pada materi ini kalian akan mempelajari bagaimana cara membuat objek bergerak melintas pada Stage,  merubah ukuran , memutar,  mengganti warna dan mengubah bentuk.  Ada beberapa istilah dalam pembuatan animasi, diantaranya adalah :

A. Frame dapat diumpamakan seperti film, yaitu film merupakan kumpulan gambar yang dimainkan secara berurutan dengan kecepatan tertentu, sehingga gambar tersebut terlihat bergerak .

B. Keyframe adalah frame dimana kalian menentukan perubahan pada tombol atau animasi. Pada animasi tween,  kalian membuat keyframe hanya pada titik yang penting di dalam Timeline.  Keyframe ditandai oleh titik di dalam frame.  Keyframe yang tidak berisi gambar di dalam layer ditandai oleh titik kosong.

C. Blank Key frame artinya kita mempersiapkan frame kosong untuk diisi objek baru,  dan apabila kita menggambar objek,  blank keyframe tersebut sudah berisi objek.  Blank keyframe dilambangkan dengan titik bulat putih pada frame.

3. Sprite Animation



Sprite Animation adalah salah satu cara untuk membuat animasi ,serupa dengan teknik animasi tradisional, yaitu obyek yang diletakkan dan dianimasikan pada bagian puncak grafik dengan latar belakang diam. Sprite adalah setiap bagian dari animasi Anda yang bergerak secara mandiri, misalnya burung terbang, planert berotasi, bola memantul-mantul atau logo berputar. Sprite beranimasi dan bergerak sebagai obyek yang mandiri.

Dalam animasi sprite, sebuah gambar tunggal atau berurutan dapat ditempelkan dalam sprite. Sprite dapat dianimasikan dalam satu tempat, seperti halnya planet berputar atau burung bergerak sepanjang garis lurus. Animasi sprite berbeda dengan animasi frame, dalam urutan masing-masing frame, Anda hanya dapat memperbaiki dari layar yang mengandung sprite. Anda tidak dapat memperbaiki bagian dalam yang ditampilkan layar untuk masing-masing frame, seperti yang dapat Anda kerjakan pada animasi frame.

4. Path Animation

Path Animation adalah animasi dengan menggerakkan obyek di sepanjang garis yang ditentukan sebagai lintasan. Contohnya dalam pembuatan animasi kereta api, pesawat terbang, lain-lain yang membutuhkan lintasan gerak tertentu.

5. Spline Animation

Spline Animation merupakan representasi matematis dari kurva, sehingga gerakan objek mengikuti garis berbentuk lurus dan berbentuk kurva.

6. Vector Animation

Vektor Animation mirip seperti animasi sprite, bedanya animasi sprite menggunakan bitmap sedangkan animasi vektor menggunakan rumus matematika untuk menggambarkan sprite-nya.

7. Character Animation

Character Animation umumnya ada di film kartun dan juga pada film animasi 3D. Dalam animasi karakter, semua bagian dalam animasi bergerak bersamaan namun karakter setiap objek punya ciri dan gerakan yang berbeda. contoh : 

A. Cartoon Animation  





B. 3D Animation




Visual Effect

Visual effect dapat dibuat dengan cara :

1. Motion Dynamic : effect yang disebabkan berubahnya posisi terhadap waktu.
2. Update Dynamic : Perubahan yang terjadi pada objek entah itu ukuran, bentuk, warna, dll.
3. Perubahan Posisi, Cahaya, dll

Metode Mengontrol Animasi

1. Full Explicit Control Animator : Animasi yang dapat dikontrol penuh oleh pengguna menggunakan input seperti mouse, keyboard, joystick.
2. Procedural Control : Animasi yang dikontrol oleh sebuah property atau setting yang telah animator beri kepada objek animasinya.
3. Constraint-based System Control : Objek yang keberadaan atau sifatnya ada karena disebabkan oleh objek lain.


Artikel ini dibuat untuk memenuhi tugas yang diberikan oleh Dosen Teknik Multimedia.


Muhammad Haikal

I know nothing.

No comments:

Post a Comment